Rabu, 14 Juni 2017

Mahasiswa Fakultas Teknik bantu atasi limbah cangkang rajungan (CAKAR )




Mahasiswa Fakultas Teknik bantu atasi limbah cangkang rajungan (CAKAR )
Mahasiswa  Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian  Universitas Negeri Makassar Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) membantu masyarakat pundatta baji kabupaten pangkep kacamatan labbakang mengatasi limbah salah satunya limbah cangkang rajungan yang diolah menjadi pakan bandeng serta meningkatkan produktivitas bandeng.

Limbah yang dibuang dipinggir laut


Dalam satu ekor kepiting rajungan menghasilkan limbah proses yang terdiri 57% cangkang, 3 body reject, dan air rebusan 20 %.Peningkatan produksi olahan daging rajungan meningkat pula limbah rajungan.Limbah yang dihasilkan adalah limbah padat berupa cangkang dan capit rajungan dan limbah cair berupa air rebusan apabila tidak dikelola secara benar akan dapat menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan. Kegiatan ini tersebut merupakan realiasi dari Program Kreatifitas Mahasiswa –Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M) yang diloloskan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.


Ketua tim,  Irma yulianti mengharapkan pakan tersebut dapat mengurangi volume limbah yang semakin banyak dari industri kepiting rajungan serta dapat meningkatkan produktifitas bandeng dengan membuat disertifikasi pangan.



Mahasiswa angkatan 2014 ini menambahkan program berjudul  Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Pundatta Baji Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep dengan Pemanfaatan Limbah CAKAR (Cangkang Rajungan) sebagai bahan baku pembuatan Pakan Bandeng untuk meningkatkan Produktifitas Bandeng” dapat menambah pengetahuan tentang pembuatan pakan serta membantu membuka wirausaha yang ada disekitar kelurahan dengan membuat olahan dari bandeng seperti otak-otak





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat Akun Google AdSense

 Pembuatan Akun Google AdSense Meningkatnya pengguna internet dari tahun ke tahun menjadikannya sebagai lahan pemasaran  bagi banyak pihak. ...